Riwayat Albert Einstein

Bagi para pengggemar ilmu IPA tentunya Albert Einstein bukan orang yang asing dan sudah sering terdengar. Albert Einstein adalah seorang ilmuwan fisika teoretis yang dipandang luas sebagai ilmuwan terbesar dalam abad ke-20. Mari kita simak riwayat Albert Einstein.

Albert Einstein 

Albert Einstein lahir di Ulm Württemberg , Jerman , pada tanggal 14 Maret 1879. Enam minggu kemudian keluarganya pindah ke Munich , di mana ia kemudian mulai sekolah di Gymnasium Luitpold. Kemudian, mereka pindah ke Italia dan Albert melanjutkan pendidikannya di Aarau, Swiss dan pada tahun 1896 ia memasuki Sekolah Politeknik Federal Swiss di Zurich untuk dilatih sebagai seorang guru di fisika dan matematika. Pada tahun 1905 ia memperoleh gelar doktor .
Selama tinggal di Kantor Paten pada waktu luangnya, ia menghasilkan banyak karya yang luar biasa dan pada tahun 1908 ia diangkat Privatdozent di Berne . Pada tahun 1909 ia menjadi Profesor Luar Biasa di Zurich dan pada tahun 1911 Profesor Fisika Teoretis di Praha , kembali ke Zurich pada tahun berikutnya untuk mengisi pos yang sama .

Pada tahun 1914 ia diangkat Direktur Kaiser Wilhelm Institute Fisik dan Profesor di Universitas Berlin  Ia menjadi warga negara Jerman pada tahun 1914 dan tetap di Berlin sampai 1933  karena alasan politik dia meninggalkan kewarganegaraannya dan beremigrasi ke Amerika untuk mengambil posisi Profesor Fisika Teoretis di Princeton dan menjadi warga negara Amerika Serikat pada tahun 1940.
Einstein memiliki pandangan yang jelas dari masalah fisika dan tekad untuk menyelesaikannya strategi sendiri dan mampu memvisualisasikan tahap utama dalam perjalanan ke tujuannya. Einstein beranggapan prestasi besar sebagai  batu loncatan saja untuk kemajuan berikutnya.
Pada awal karya ilmiahnya, Einstein menyadari kekurangan,yaitu:
- Mekanika Newton dan teori khusus relativitas berasal dari upaya untuk menggabungkan hukum mekanika dengan hukum medan elektromagnetik
- Menggabungkan masalah klasik mekanika statistik dengan teori kuantum yang menghasilkan penjelasan tentang gerakan Brown dari molekul
- Menyelidiki sifat termal cahaya dengan kepadatan radiasi rendah
- Pengamatan dalam meletakkan dasar teori foton cahaya

Setelah teori relativitas umum dirumuskan, Einstein menjadi terkenal ke seluruh dunia, pencapaian yang tidak biasa bagi seorang ilmuwan. Pada masa tuanya, keterkenalannya melampaui ketenaran semua ilmuwan dalam sejarah, dan dalam budaya populer, kata Einstein dianggap bersinonim dengan kecerdasan atau bahkan genius. Wajahnya merupakan salah satu yang paling dikenal di seluruh dunia.


Pada tahun 1999, Einstein dinamakan "Tokoh Abad Ini" oleh majalah Time. Untuk menghargainya, sebuah satuan dalam fotokimia dinamai einstein, sebuah unsur kimia dinamai einsteinium, dan sebuah asteroid dinamai 2001 Einstein.
Rumus Einstein yang paling terkenal adalah E=mc².

Sumber : nobelprize.org, wikipedia

0 Response to "Riwayat Albert Einstein "

Post a Comment