Alat Ukur Panjang

Alat ukur panjang merupakan alat yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, selain timbangan ataupun jam ( alat ukur waktu ), dari harganya pun relatif sangat murah seperti mistar/ penggaris sekitar beberapa ribu saja.

1. Penggaris

Penggaris

Penggaris adalah sebuah alat ukur dan alat bantu gambar untuk menggambar garis lurus. Ada penggaris yang berbentuk lurus sampai yang berbentuk segitiga. Penggaris dapat terbuat dari plastik, logam, berbentuk pita dan sebagainya. Juga terdapat penggaris yang dapat dilipat. Penggaris/ mistar mempunyai tingkat ketelitian 1 mm atau 0,1 cm.

Penggaris pertama kali digunakan oleh masyarakat peradaban lembah Hindus pada tahun 1500 SM. Alat pengukur ini terbuat dari gading yang ditemukan selama penggalian. Penggaris pertama telah memperlihatkan akurasi yang menakjubkan karena terdapat ukuran desimal di dalamnya.

2. Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup
Mikrometer sekrup adalah alat yang digunakan untuk mengukur benda dengan tingkat ketelitian 0.01 mm. Hal inilah mengapa mikrometer sekrup digunakan untuk mengukur panjang benda-benda yag sangat kecil atau juga mengukur ketebalannya, seperti untuk mengukur ketebalan kertas dan plat logam atau juga mengukur diameter suatu kawat.

Mikrometer pertama diciptakan pada abad ke 18, dan mengalami perkembangan yang luar biasa sampai dengan mikrometer sekrup yang kita tahu sekarang ini. Penyempurnaan mikrometer sekrup secara bertahap dari jaman sebelum masehi hingga abad 21. Pada tahun 1639 W. Gascoigne menemukan untuk pertama kali mikrometer sekrup yang terdiri dari rahang dan skala dan pada tahun 1979 Mitutoyo untuk pertama kalinya memperkenalkan mikrometer digital.

3. Jangka Sorong

Jangka Sorong

Jangka sorong adalah alat ukur panjang yang digunakan untuk mengukur panjang benda dengan ketelitian hingga 0,1 mm. Jangka sorong terdapat dua rahang, yaitu rahang bawah dan rahang atas. Rahang ats biasanya digunakan untuk mengukur diameter dalam sebuah benda seperti diameter sebuah cincin dan rahang bawah dapat digunakan untuk mengukur diameter luar sebuah benda contohnya diameter kelereng. Jangka sorong dapat juga digunakan untuk mengukur kedalaman suatu tabung.

Jangka sorong ditemukan pada tahun 1600-an, di kota yang bernama Oranan di Perancis, seorang ahli matematika dan sains bernama Pierre Vernier menemukan jangka sorong. 

4. Altimeter

Altimeter

Altimeter adalah alat untuk mengukur ketinggian suatu titik dari permukaan laut  ( Mungkin kita sering melihat dan mendengar dalam ukuran ketinggian bahwa permukaan laut sebagai acuannya ).  Altimeter biasanya digunakan sebagai navigasi dalam penerbangan, pendakian, dan kegiatan yang berhubungan dengan ketinggian.

Prinsip kerja altimeter berdasarkan 3 faktor, yaitu tekanan udara, magnet bumi dan gelombang. Dalam penggunaan altimeter sendiri biasanya dipasangkan dengan kompas. 

Altimeter dibuat Kollsman seorang yang berhasil memiliki 200 hak paten. Altimeter dianggap sebagai sebuah invensi revolusioner dalam keamanan lalu lintas udara. Kollsman juga dianggap sebagai orang yang memiliki kontribusi penting dalam penavigasian pesawat udara.

0 Response to "Alat Ukur Panjang"

Post a Comment