Alat Ukur Waktu

Alat ukur waktu pada bahasan ini terdapat 3 jenis, yaitu : jam, kalender dan kronometer. Mari kita bahas satu persatu mulai dari pengertian hingga penemunya.

1. Jam

Gambar Jam

Jam bermakna masa atau jangka waktu, dalam bahasa Indonesia penyataan jam dikatakan sebagai pukul yang bermakna saat atau waktu. Jam telah digunakan sejak abad ke-14 sekitar 700 tahun yang lalu. 

Jam berasal dari bahasa latin yang namanya “clocca” dan dalam bahasa Inggris disebut clock.

Sejarah singkatnya yaitu, kira-kira tahun 1360 sebuah jam yang termasyhur dibuat untuk raja Perancis, Charles V. jam-jam pertama dipakai di rumah-rumah mulai ada pada akhir tahun 1300-an atau permulaan 1400-an. Jam-jam itu dibuat dari besi, terbuka pada tiga bagiannya dan hanya mempunyai satu jarum.

2. Kalender

Kalender

Kalender adalah sebuah sistem untuk memberi nama pada sebuah periode waktu yang di dalam nya terdapat tanggal, bulan dan tahun. Tanggal pada kalender didasarkan dari gerakan-gerakan benda angkasa seperti matahari dan bulan, kalender juga terdiri dari bulan dan tahun. sebagai contoh kalender dinding.

Kalender juga dapat disebut almanak dan juga sering disebut penanggalan. Kalender ditemukan oleh Julius Caesar, seorang penguasa dari bangsa Romawi.

3. Kronometer

Kronometer

Kronometer adalah alat pencatat waktu yang cukup tepat untuk dapat digunakan sebagai standar waktu portabel, biasanya digunakan untuk menentukan garis bujur (letak suatu tempat) dengan cara navigasi selestial (yaitu suatu teknik yang umumnya digunakan para pelaut tanpa bergantung pada perhitungan untuk memperkirakan posisi/keberadaan mereka di laut).

Sejak tahun 1700-an, seorang ahli mesin yang bernama John Harrison mengembangkan suatu rangkaian jam yang akurat, yang diberi nama kronometer.  

Umumnya alat ini digunakan dalam pelayaran sebagai penentu meridian di laut. Meridian sendiri merupakan lingkaran khayal pada permukaan bumi, dibuat pada peta dan bola dunia sebanyak l80 buah dengan jarak satu derajat antara satu dan lainnya, yang berpotongan dari kutub utara dan kutub selatan, digunakan untuk menetapkan letak tampak pada permukaan bumi dengan arah timur-barat satuan derajat; garis bujur.

Keakuratannya, kurang dari 30 detik dalam satu tahun, bahkan pada kapal yang bergoyang. Jam ini membuka era baru tentang pengaturan waktu yang akurat.

0 Response to "Alat Ukur Waktu"

Post a Comment